Thursday, February 14, 2013

Cara Menambah Kinerja Handphone Android Tanpa Root dan OverClock

Android Anda Lamot dan Lelet, Ram dan Processor Masih Minim? Jika jawabnya Ya berarti anda senasib dengan saya. Samsung Galaxy Y itulah HH saya saat ini seperti yang saya sebut di atas HH saya lemot dan lelet, mengakses menu aja kurang responsif ataupun saat bermain sering hang! Pastikan dengan tips berikut ini Anda bisa lebih mempercepat handphone Android Anda seperti saya saat ini (Ha ha ternya Admin Anekatrik.com HHnya kurang berkelas...Tapi tidak apalah untuk pemula seperti saya dimulai dari hal yang kecil).
Ikuti Tips berikut ini :
  1. Disable Animasi Layar atau Screen Animation. Masuk menu Setting – Display dan pilihlah No Animation. Tak bisa dipungkiri Animasi memang bikin handphone kelihatan lebih cantik, namun tentunya kita harus rela berkorban karena terkadang animasi ini bisa membuat Android menjadi telat.
  2. Pergunakanlah Launcher Lain dibandingkan Launcher bawaan ponsel Android. Ada banyak launcher yang bertebaran di Market Android, yang lumayan bagus adalah GOLauncherEX ataupun ADW Launcher.
  3. Jangan mempergunakan Live Wallpaper. Tampilan Live Wallpaper sangat indah dipandang mata, namun tentunya Anda tidak akan terus-terus memandang Live Wallpaper tersebut kan, jadi sebaiknya pergunakan Wallpaper biasa dibandingkan Live Wallpaper.
  4. Jangan terlalu banyak Widget di HomeScree. Pilihlah widget mana yang sering dipakai, yang jarang dan bahkan tidak terpakai sebaiknya dihapus saja.
  5. Hapus atau Uninstall Aplikasi atau Game yang tidak pernah atau jarang digunakan. Selain bisa menambah free memori, menghapus Aplikasi atau Game juga bisa bermanfaat untuk mempercepat ponsel Android, apalagi jika Aplikasi tersebut secara berkala selalu connect ke internet.
  6. Matikan Koneksi yang tidak diperlukan seperti Wifi, Bluetooth dan bahkan 3G jika memang Anda tidak sedang internetan.
  7. Disable Auto Sync – Masuk menu Setting lalu Account & Sync dan hilangkan tanda ceklis pada Auto Sync!
  8. Khusus bagi yang ponsel Androidnya sudah di Root, Misalkan Anda sudah melakukan Root pada HH anda saya contohkan disini Galaxy Y, Anda bisa menggunakan Costum ROM seperti CyanogenMod7, Overclocking CPU Ponsel Anda sampai menghapus aplikasi bawaan pabrik yang tidak diperlukan dan tidak berguna!
Note : Tips - tips di atas sudah benar - benar saya coba dan khasiatnya mantap. Ram dan Processor Galaxy Y saya terasa bertambah.

4 Komentar "Cara Menambah Kinerja Handphone Android Tanpa Root dan OverClock"

Unknown March 1, 2013 at 10:30 AM WIB Permalink

sayangnya GoLauncher dan ADW Launcher memakan Memory baik RAM maupun Internal Memory yang cukup besar. masih lebih baik Launcher Standar.

Aries_Bro March 1, 2013 at 3:21 PM WIB Permalink

kalau di lihat dari sisi pemakaian ram memang begitu,tapi jika menggunkan Golauncer sama saja membuka aplikasi yg selalu on maka jika selalu dalam kondisi on aplikasi g perlu membaca data di memori internal berkali-kali...
berkebalikan dengan launcher Bawaan yg harus membaca data di memori internal setelah layar abis di matikan...
tergantung selera...

EghyR01 April 1, 2013 at 12:33 PM WIB Permalink

Terima Kasih Atas infonya .. artikel yang sangat bagus ..

Aries_Bro April 2, 2013 at 6:27 AM WIB Permalink

thanks...